Minggu, 29 Januari 2017

Tutorial Membuat Blog

Blog pada saat ini sudah semakin umum dan banyak macamnya. Mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar, mulai dari dengan tujuan tertentu atau juga hanya iseng. Dalam artikel kali ini anda akan dipandu dalam membuat sebuah blog baru dengan menggunakan blogger.
Sebelum melanjutkan ada sebuah persyaratan yang harus dimiliki oleh user yaitu email. Karena blog yang akan dijadikan tutorial adalah blogger, maka pengguna diharuskan memiliki email dengan domain google. Kenapa domain google? karena blogger merupakan salah satu layanan blog gratis yang disediakan oleh google. Berikutnya adalah langkah-langkah pembbuatan blog yang akan disertakan dalam artikel ini adalah

1. Membuat akun blog
Buka browser dan ketikkan alamat http://www.blogger.com  di addres browser. Kemudian setelah laman terbuka silahkan sign in menggunakan email google anda


2. Posting tulisan, gambar dan video di blog
melanjutkan materi sebelumnya, untuk posting artikel di blog sama dengan mengetik biasa di aplikasi Ms. Office Word. Selain itu juga bisa copas dari tulisan yang sudah ada. Untuk contoh kali ini posting tulisan dengan cara menyalin dari tulisan yang sudah ada.
Materi berikutnya dalam pengisian konten blog adalah menyisipkan gambar. Untuk menyisipkan gambar sama mudahnya dengan ketika menggunakan aplikasi word tadi. Dengan mengklik insert image di tools bagian atas teks. Gambar bisa diunggah dari laptop ataupun dari tautan online lainnya.
Begitu juga dengan menambahkan sebuah video di blog, sama mudahnya dengan mengunggah gambar seperti penjelasan di atas.
untuk lebih jelasnya silahkan tonton videonya di bawah ini



3. memasukkan audio dan file (format PDF)
silahkan lihat penjelasan caranya di video berikut


4. membuat soal online di blog (menggunakan aplikasi online yaitu https://www.proprofs.com)
silahkan lihat tutorialnya dalam video berikut





Tidak ada komentar:

Posting Komentar